Interaksi dalam Ekosistem Bioma Taiga

Interaksi dalam Ekosistem Bioma Taiga

Rantai Makanan pada Bioma Taiga

Saling ketergantungan antara tumbuhan dan binatang di bioma taiga sangat menarik untuk dijadikan bahan belajar. Bioma taiga adalah yang terbesar dari semua bioma terestrial di bumi. Jadi, di mana bioma taiga berada? Hal ini terletak di wilayah paling utara di belahan bumi utara dekat lingkaran Kutub Utara, di mana musim dingin sangat dingin dan panjang, dan musim panas yang hangat dan singkat. Taiga juga dikenal sebagai hutan boreal. Tingkat trofik dalam rantai makanan bima taiga, mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi, dijelaskan di bawah ini.


Produsen (Autotrophs) Bioma Taiga

 Semua tanaman hijau memiliki pigmen klorofil yang kemudian disebut produsen. Dikelompokkan dalam tingkat trofik pertama dalam rantai makanan, mereka menghasilkan nutrisi organik (glukosa) dengan memanfaatkan sumber anorganik (sinar matahari, air dan karbon dioksida) melalui fotosintesis. Banyak para produsen diidentifikasi dari bioma taiga, dan beberapa contoh umumnya termasuk pakis, moss, jack pinus, cemara hitam, putih dan cemara balsam.
 

 

 

Konsumen Primer (Herbivora) Bioma Taiga

Organisme yang merupakan tingkat trofik kedua adalah herbivora, yaitu mereka yang makan tanaman hijau dan bagian-bagiannya (daun, akar, bunga dan buah-buahan) untuk mendapatkan energi. Dengan demikian, mereka adalah pemakan tumbuhan eksklusif. Contoh konsumen utama dalam rantai makanan dari bioma taiga adalah serangga, burung, tikus, tikus, tupai, tupai, landak, dan rusa kutub.

 

Konsumen Sekunder (Karnivora) Bioma Taiga

Karnivora adalah heterotrof dan mengkonsumsi herbivora untuk mendapatkan nutrisi mereka. Singkatnya, konsumen sekunder heterotrof yang mengandalkan organisme tingkat trofik kedua. Dengan demikian, konsumen sekunder adalah pemakan daging, yang termasuk ke dalam tingkat trofik ketiga dalam rantai makanan. Contoh umum konsumen menengah di rantai makanan bioma taiga adalah tarantula, kalajengking, ular, beberapa jenis kadal, sigung dan musang kutub.

Konsumen Tersier (Karnivora) Bioma Taiga

Tingkat trofik hewan ini terdiri dari karnivora, yang tergantung pada hewan heterotrof lainnya untuk makanan. Namun, perbedaan utama antara konsumen sekunder dan tersier adalah jenis makanan yang mereka makan. Ya, konsumen tersier memangsa konsumen sekunder, sehingga menempati tingkat trofik yang lebih tinggi dalam rantai makanan bioma taiga. Hewan yang jatuh dalam kelompok ini adalah lynx, elang, rubah dan serigala.

 

Dekomposer (saprotrophs) Bioma Taiga

Organisme pembusuk atau saprotrophs jatuh pada tropik tingkat terakhir. Meskipun mereka tidak umum dibicarakan dalam rantai makanan, peran organisme ini sangat penting untuk fungsi keseluruhan bioma taiga. Peran pokok yang mereka lakukan adalah, memecah bahan organik kompleks organisme mati, memberi makan pada mereka dan juga, membuat nutrisi yang tersedia untuk produsen. Contohnya adalah beberapa jamur dan spesies bakteri.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar